5 TINGKATAN KEJUJURAN (5 LEVEL OF HONESTY)

5 LEVEL KEJUJURAN

Salah satu value yang saya terapkan dalam perusahaan saya adalah salah satunya adalah kejujuran. Inilah value yang penting untuk ditanamkan karena kejujuran dapat berimbas kebanyak hal penilaian. Seperti orang yang jujur itu erat kaitannya bertanggungjawab, amanah, dapat dipercaya dan loyal.

Lima (5) Tingkatan Kejujuran ini dibuat bagi saya untuk menilai tingkatan kejujuran seseorang, dalam konteks ini adalah karyawan. Sejatinya, kejujuran dan kebohongan itu putih dan hitam. Orang yang jujur itu warna putih, dan orang yang berbohong itu hitam. Namun, menurut saya perlu dikategorikan level dari tingkat kejujuran karena manusia tidak ada yang sempurna.

Kejujuran adalah mata uang yang berlaku dimana saja – Anonim

Inilah 5 Tingkatan Kejujuran menurut saya :

  1. Tingkat I : Bohong dan Bohong
  2. Tingkat II : Bohong, lalu Jujur ketahuan
  3. Tingkat III : Jujur setengah-setengah
  4. Tingkat IV : Jujur ketika disinggung
  5. Tingkat V : Jujur apa adanya

Tiga level pertama dari tingkatan kejujuran diatas adalah kebohongan

Tingkatan pertama kejujuran adalah Bohong dan Bohong. Jadi pada prinsip tingkatan pertama ini adalah tidak apa-apa berbohong asalkan jangan sampai ketahuan.

Tingkatan kedua adalah bohong, lalu jujur ketahuan. Bedanya ditingkatan pertama adalah suatu kebohongan yang telah terbongkar, membuat dirinya untuk berkata jujur.

Tingkatan ketiga adalah jujur setengah-setengah. Kenapa tingkatan ketiga ini tetap saya kategorikan dengan kebohongan, sebab apa yang dikatakan olehnya sebenarnya memang fakta. Namun, ada sebagian fakta yang lain yang tidak ia katakan karena ia tahu respon yang akan didapatkan akan berbeda jika fakta seluruhnya ia katakan. Di kebanyakan kasus, kebanyakan karyawan berada dalam tingkatan ini.

Tingkatan keempat adalah jujur ketika disinggung. Jadi bedanya dengan yang ketiga adalah kalau yang ketiga ada fakta yang ia sembunyikan namun di tingkatan keempat seluruh fakta yang ada disampaikan. Namun, yang jadi kekurangan adalah ia tidak akan membahas hal tersebut tersebut jika tidak disinggung sebelumnya.

Tingkatan kelima adalah jujur apa adanya. Jadi tingkatan ini, orang yang jujur akan berkata jujur apa adanya sebelum disinggung. Atau akan menyampaikan kepada orang yang terkait sebelum disinggung sebelumnya karena merasa hal tersebut perlu diketahui.

Contoh kasus pada lima tingkat kejujuran.

Ceritanya adalah ada 3 orang teman didalam suatu ruangan sebut saja Maudy, Anda, Ayunda. Sebut saja Maudy memiliki Es Teh ¾. Kemudian Maudy keluar ruangan sebentar untuk ke toilet. Karena Anda dan Ayunda haus, melihat es teh Maudy lagi nganggur, Anda dan Ayunda meminum es teh tersebut hingga tersisa setengahnya.

Ketika Maudy Kembali kedalam ruangan, lalu…

Inilah respon Anda ketika berada di Level pertama :

               Maudy berkata, “Ih, kenapa sisa setengah Es Teh ku”

               Anda menjawab, “Tidak tau mi juga itu, dari tadi jka disini. Tidak kulihat ki”. Anda tetap berkata bohong karena Anda tahu, Maudy tidak akan tahu.

Jika Anda di Level Kedua, inilah respon Anda :

               Maudy berkata, “Ih, kenapa sisa sedikit Es Teh ku”

               Anda menjawab, “Tidak tau mi juga itu, dari tadi jka disini.”

               Maudy berkata, “Kenapa pale basah-basah bibirmu?”

               Karena merasa didapati bohong, anda pun berkata jujur.

Di Level Ketiga, Maudy bertanya, lalu Anda memberi tahu Maudy, kalau si Ayunda telah meminum Es Teh Maudy tanpa memberi tahu kalau Anda juga meminumnya.

Di Level Keempat, Maudy bertanya, lalu Anda memberi tahu bahwa Anda dan Ayunda meminumnya.

Sedangkan di Level 5 yang mana ini adalah level tertinggi dalam kejujuran. Sebelum Maudy bertanya, Anda pun berinisiatif untuk memberi tahunya kalau Anda dan Ayunda meminum Es Tehnya.

Dari kelima contoh diatas, itulah tingkatan kejujuran yang Anda dinilai sehari-hari oleh orang lain meskipun Anda sendiri tidak menyadarinya, bukan?

Setiap dari respons Anda akan dinilai meskipun Anda tidak menyadarinya. Pastikan diri Anda tetap berkata dan berlaku jujur. Jadikan itu, investasi kedepannya. Karena bisa jadi suatu saat akan ada kesempatan yang terbuka dan Andalah yang satu-satunya yang dapat memenuhi kesempatan itu karena kejujuran yang Anda lakukan selalu.

A3 07.04.2022

5 TINGKATAN KEJUJURAN (5 LEVEL OF HONESTY)

Navigasi pos


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *