PLANNING DAN EXECUTION

https://youtu.be/6uy6kpf7jow

Insight by adis:

  1. Poin penting dalam business plan adalah
    1. -apa yang akan dikerjakan?
    2. -kapan kita akan kerjakan ?
    3. -siapa yang mengerjakan?
    4. -bagaimana cara mengerjakannya?
  2. Ketika membuat rencana pada business plan, kita harusnya tidak hanya membuat single plan saja,  akan tetapi kita harusnya membuat another plan (plan a,  plan b,  plan c), sehingga pada saat execution terjadi hambatan maka rencana kita akan tetap berjalan dengan another plan yang sudah disiapkan sebelumnya.
  3. Dalam business plan sebaiknya melibatkan orang-orang yang ada didalam organisasi tersebut, seperti pemangku-pemangku kepentingan untuk berkomitmen dalam rencana yang akan dibuat, sehingga terjadilah kesepakatan bersama.

WORLD CLASS MANAGER EP 01

https://www.youtube.com/watch?v=niyzb73zqzi&list=plmevnf9iy4b9idd1kvdt8vosmgh3boet8&index=2&ab_channel=niagatv

Insight by abu :

  1. Mudah dan tidak mudah itu bedanya tipis, kalau kita tahu caranya, bisa menjadi mudah. Menjadi world class manager itu gampang kalau tahu caranya.
  2. Menjadi wcm itu harus dipersiapkan. Tidak bisa tiba-tiba begitu saja. Jangan menunggu sebelum diangkat.
  3. Kalau anda adalah seorang pelaksana yang hebat, anda tidak akan secara otomatis menjadi manajer yang hebat. Karena kompetensi yang dibutuhkan berbeda.

UANG VS WAKTU

Https://youtu.be/2ta33xq7yd8

Insight by adi :

  1. Waktu adalah resource yang sangat langkah dan berharga, bahkan uang 1 triliun pun tak dapat memutar waktu 1 detik pun.
  2. Pentingnya memahami konsep time billionaire yang di dalamnya banyak orang yang meremehkan waktu sehingga penyesalan sering terjadi dan semua hal yang ia lakukan terkesan terlambat.
  3. Perlunya kehidupan ideal (ciptakan kehidupan ideal versie diri kita sendiri) dengan cara menentukan prioritas dan tujuan hidup.

Beberapa tahapannya ada di vidio


OPTIMALISASI PLATFORM UNTUK KEBUTUHAN PROMOSI

https://youtu.be/dmpn7cut5ma

Insight by sahar:

  1. Mengoptimalkan vitur plathforms fungsi” baru yang mungkin cocok dengan produk, maksimalkan basic plathforms baru beralih ke ads. Agar tidak boros budget apalagi untuk pemula yang belum mengerti ads
  2. Membuat konten di tiktok atau ig menawarkan dagangan ketika postingannnya viral itu bisa jadi iklan jangka panjang selama tidak di hapus, sementara bermain iklan itu tergantung dana bersifat sementara sesuai budget
  3. Budget iklan yang sama dan mengubah kebiasaan iklannya, meningkatkan penjualan dapat di pengaruhi dengan mengubah peraturan” atau evaluasi agar bisa terkontrol, ketika kita tidak mengontrol iklan jelek akan trus muncul dan di situlah terjadi kerugian

APA ITU DIGITAL MARKETING SEBENARNYA

https://youtu.be/vv_fawiqx6c

Insight by ridwan :

  1. Digital marketing bukan sekedar posting jualan di media sosial, tetapi bagaimana telah mempersiapkan bagaimana mengelola leads, mempersiapkan tools yang dapat memudahkan untuk closing.
  2. Selalu mengikuti perkembangan zaman, dan lakukan continue improve(berbaikan terus menerus).
  3. Digital marketing bukan jualan online, bagaimana perlunya strategi dari awal, mulai dari konten menyiapkan back end nya

WHATSAPP MARKETING

https://youtu.be/ep-7ugq4djw

Insight by bukrah

6 poin penting dalam strategi pemasaran :

  1. Wa business : aplikasi khusus untuk pebisnis agar dapat kemudahkan proses pemasaran produknya. Lengkapi profil bisnis yang lengkap, beri label/pin , aktifkan fitur balas pesan otomatis
  2. Klasifikasikan kontak pelanggan : tujuannya untuk dapat membedakan yang mana pelanggan potensial(mempunyai keinginan pada produk yg dijual) dan mana tidak.
  3. Update status wa : updah status wa tidak harus dengan hard selling(penjualan produk) tapi lakukan soft selling (ketertarikan konsumen)
  4. Tips broadcast messages : broadcast tidak sembarang orang, pilihlah kalimat yg tidak terlalu panjang(untuk menghindari yg namanya spam), pilih satu produk yg terbaik dan lakukan ti the point.
  5. Emoji stiker : hindari balas pesan/chat menggunakan emoji (menyangkut etika kesopanan). Pelanggan menilai dari kalimat dan kata.
  6. Functional & emosional : menjawab pertnyaan dari cs harap menjelaskan fungsi serta mengaitkan dengan ketertarikan barang tersebut

CARA MEMBEDAKAN EXCUSES DAN REASONS

https://youtu.be/ws2p1za2a-i

Insight by ani :

  1. Perbedaan excuse(alasan) dan reason(alasan)
    1. Excuse: di cari-cari, menghindari tanggung jawab,dan sering ngeles. Seperti benar benar salah tapi cari alasan dan sering mengalihkan topik pembicaraan
    2. Reason: fakta, mengambil tanggung jawab dan mencari solusi, dan mencari kesepakatan agar jalan terus
  2. Excuse pada suatu tim jika di biarkan terus-terusan akan jd habit(karakter) dan bahaya untk prkembangan 1tim, karna excuse mempengaruhi value dan attitude
  3. Menjalin kedekatan antara atasan & karyawan saling keterbukaan agar tdak trjadi dampak excuse dlm suatu kelompok/team

GROWTH MINDSET TO GROW YOUR WEALTH

https://www.vidio.com/watch/7184206?utm_source=referral&utm_medium=share&utm_content=watchpage

Insight by putri :

  1. Memaksimalkan potensi diri:
    1. Mencoba hal baru yang belum pernah dipelajari sebelumnya
    2. Sempurnakan motivasi di dalam diri sendiri. Menjaga semngat dan memelihara keinginan untuk mencapai impian
    3. Pribadi yg open minded. Membuka diri untuk melihat perspektif yg lebih luas.
    4. Berusaha ambil resiko. Berani untuk keluar dri zona nyaman kita, gagal itu bagian dri proses untuk sukses.
    5. Senantiasa memperbaiki diri. Mereview diri sendiri
  2. Sisi positif menjadi entrepreneur:
  3. Menjadi pribadi yg ulet. Belajar untuk bekerja keras, pantang menyerah dan kuat untuk menghadapi arus bisnis yg pasang surut
  4. Menjadi visioner. Memikirkan bagaimana usaha berkembang dan berinovasi secara progresif
  5. Menjadi pemimpin. Seorang pemimpin yg hebat dapat memberikan opportunity ke tim sehingga tim dapat leading them self.
  6. Sisi negatif:
    1. Menjadi workaholic
    2. Mudah frustasi dengan keadaan yang tidak sesuai dengan ekspektasi
    3. Kurangnya self care (quality time)
  7. Kunci kesuksesan :
    1. Dream
    2. Believe
    3. Create
    4. Achieve
  8. Tips mengelola keuangan pada saat memulai bisnis:
    1. Pencatatan keseluruhan transaksi yg terjadi
    2. Membuat 2 rekening baru, memisahkan rekening pribadi dengan rekening usaha
    3. Evaluasi secara rutin, mengevaluasi bgaimana transaksi yng terjdi
    4. Tetapkan aturan untuk pembelian pribadi dri keuntungan

HARD SELLING DAN SOFT SELLING

https://youtu.be/kjwavqgvk5w

Insight by bukrah :

  1. Apa itu hard selling : teknik penjualan yang dimana menggunakan cara instan/cepat dengan harapan sipenjual itu konsumen dapat segera membeli barang yg sudah ditawarkan. Contoh : diskon
  2. Ciri hard selling : harga jualan/barang yang sudah ditentukan. Penjual tidak lagi menjelaskan tentang jualannya. Tujuan hard seling itu sendiri untuk mengajak cs agar segera melakukan transaksi lebih cepat.
  3. Apa itu soft selling : penjualan yg tersirat artinya penjual yg secara tidak langsung mengajak pembeli untuk pembeli produknya. Soft selling ini bersifat tidak memaksa.
  4. Ciri soft selling : dilakukan secara halus, jauh dari provokasi dan bersifat edukasi dalam pembuatan konten iklan.
  5. Perbedaan hard dan soft selling :
    1. Hard selling : pendekatan secara langsung, bahasa tidak sopan, memaksa, jangka waktu pendek.
    2. Soft selling : bahasa sopan, tidak memaksa, bersifat edukasi dan jangka waktu panjang.
  6. Strategi promosi :
    1. Soft selling : membagikan sampel produk, memberikan informasi yang pasti, menggunakan gambar atraktif yg bersifat menyenangkan atau mempunyai daya tarik, giveaway
    2. Hard selling : potongan harga, buy 1 get 1, doorprize, bundling (produk gabungan)

MAU KAYA ? HARUS BISA PROBLEM SOLVING

Https://youtu.be/-4w2n4phfdu

Insight by ani :

  1. Problem solving bukan hanya kreatif dan cerdas tdk jg hanya hrs analisis akar masalah tapi bisa mengaplikasikan dan menyelesaikan masalah secara sempurna, ada beberapa yg menjadi msalah problem solving.
    1. Sulit
    2. Harus sempurna
    3. Tidak terlatih
    4. Tidak ada tools
    5. Tidak logis
    6. Malas berfikir
    7. Inertia
  2. Percaya intuisi, intuisi adalah hal yang muncul pertama kali di beberapa masalah tertentu, arah bisnis akan salah karna intuisi yang tidak di asah
  3. Prinsip dalam problem solving
    1. Pikiran yang tidak terlatih menghasilkan intuisi yang menipu
    2. Mata bisa menipu kadang terlihat berbeda padahal sama, belajar mengukur dengan mata terlatih, dan harus bisa mengukur value dan kwalitas seorang karyawan
    3. Hati hati pemborosan waktu bisa membunuh bisnis perlahan lahan maka sebagai bisnis owner harus berani berpikir terbalik, untuk mendapat solusi-solusi baru untuk pertumbuhan bisnis

PENTINGNYA SADAR DIRI DALAM DUNIA KERJA

https://youtu.be/9sixq7yo7eu

Insight by sahar :

  1. Dalam dunia kerja seseorang yang punya rasa ingin cepat kaya dan terlalu realistis itu hanya akan menghambat karirnya berkembang
  2. Money follows fucntion (uang mengikuti fungsi). Jadi jika anda belum berfungsi secara krusial dalam perusahaan maka tidak akan ada uang yang mengikuti, idealnya jika fungsi semakin besar dalam perusahaan maka kompensasi yang diberikan perusahaan akan naik
  3. Ketika masuk dalam satu perusahaan jika seseorang tidak siap di coachable, tidak siap mengosongkan gelasnya kedap dalam ilmu baru mudah menyerah maka kompetensinya tidak akan berkembang

CARA MUDAH MEMAHAMI JOB DESC, JOB LIST DAN SOP

https://youtu.be/arvkyd3djd0

Insight by adis :

  1. Jobdesc jika dijabarkan akan muncul joblist, joblist jika dijabarkan akan muncul sop
  2. Perusahaan jika tidak memiliki sop maka orang-orang yang ada di dalam perusahaan tersebut akan menjalankan tugas atau tanggung jawabnya dengan cara masing-masing atau dengan caranya sendiri sehingga orang lama jika digantikan dengan orang baru akan menjalankan tugas dengan cara yang berbeda karena tidak ada sop dalam perusahaan
  3. Metode paling efektif untuk mengetahui pelaksanaan sop dijalankan dengan baik dan benar yaitu manajemen harus berfungsi dengan cara melakukan controlling setiap waktu dan dan perusahaan harus memiliki auditor untuk memastikan sop yang sesuai.

WORLD CLASS MANAGER EP 02

https://www.youtube.com/watch?v=ctwyg3cgzfq&list=plmevnf9iy4b9idd1kvdt8vosmgh3boet8&index=2&ab_channel=niagatv

Insight:

  1. Perusahaan bisa bertumbuh jika setiap struktur jabatan mengerjakan tugas manajemen sesuai dengan posisinya. Posisi tidak terjadi downgrade tugas. Tidak terjebak pada tugas teknis, namun focus pada tugas manajerial.
  2. Manajer terbagi 3 tingkatan. Manajer puncak / ceo tugasnya membuat strategi, kebijakan dan rencana besar. Manajer madya / tengah, menyusun rencana teknis untuk menjalankan strategic planning dan membimbing manajer lini pertama untuk melakukan tugasnya. Manajer lini pertama / spv bertanggungjawab mengatur pelaksana/eksekutor untuk melakukan tugasnya
  3. Kunci keberhasilan tim ada pada manajer lini pertama / spv karena memegang 70% recources operasi. Perusahaan yang baik bergantung pada manajer lini pertama dapat membimbing, mengingatkan, mengawasi pelaksana melakukan tugasnya.

TIPS DISIPLIN MEMBANGUN KEBIASAAN

https://youtu.be/uqgf4pwdouw

Insight by adi :

Disiplin membangun kebiasaan

  1. Goals dan system adalah 2 hal yang berbeda, dimana goals adalah tujuan (hasil yang ingin kita capai) sedangkan system adalah proses yang mengarah ke hasil tersebut.
    1. (fokus membangun sistem yang membawa kita lebih dekat terhadap tujuan yang kita inginkan)
  2. Cara membangun kebiasaan
    1. Dekatkan sesuatu hal yang kita ingin lakukan pada diri, contoh mau konsisten belajar main gitar (simpan gitar di tempat yang lebih mudah di ambil atau mudah di lihat sehingga dapat merangsang kita untuk belajar)
    2. Jadikan sesuatu yang kita lakukan menjadi menarik, karena semakin menarik sesuatu akan berbanding lurus dengan rasa keinginan untuk mempelajari sesuatu tersebut dan nantinya alan berujung pada kebiasaan
  3. Membuang kebiasaan buruk dan membangun kebiasaan baik
    1. Melakukan kebiasaan yang baik biasanya memerlukan proses dan hasilnya akan kelihatan dalam rentan waktu yang lebih lama, olehnya itu penting untuk kita membangun kepuasan, contoh kecil kebiasaan( bangun subuh atau pagi hari), untuk membangun kepuasaan proses kita untuk bangun subuh baiknya kalau kita ukur kemampuan kita dengan memberi centang di kekelender sehingga ada kepuasan dan tantangan untuk melakukan setiap hari.

MENYIKAPI PERUBAHAN

https://youtu.be/izvjfuapiea

Insight by ridwan :

  1. Benahi diri dengan mengidentifikasi sejak dini hal-hal yang perlu di ubah pada diri kita.
  2. Kesadaran diri bahwa perubahan harus dilakukan agar tetap menjaga asa untuk berkarya di masa depan.
  3. Keluar dari zona nyaman. Memang tidak mudah, tetapi yakinlah yang bergerak yang akan menghasilkan,dan akan mengarahkan kita kearah pertumbuhan dan pencapaian.

CARA SUPAYA KONSISTEN DALAM APAPUN

https://youtu.be/mfyswxh0djs

Insight by putri :

  1. Konsisten , melakukan sesuatu secara terus menerus, tetap melakukan apa yang harus dilakukan (jangka panjang)
  2. Konsisten bergantung pada kebiasaan.
  3. Cara membangun kebiasaan :
    1. Mencatat tujuan , kebiasaan yang terbentuk akan mendekatkan ke tujuan tersebut
    2. Make plan untuk membangun kebiasaan . Kapan, dimana dan seperti apa kegiatan yg akan dilakukan.
    3. Mulai dengan yg simple . Lakukan hal yg bisa dilakukan. Jangan terlalu ambisius di awal, hal ini dapat membuat pikiran dan tubuh akan merasa lelah dan tidak sanggup untuk melanjutkan.
    4. Expect to fail . Ketika gagal membuat pikiran menjadi tidak fokus, kecewa sehingga berhenti membangun kebiasaan. Tapi itu tidak membuat kita mundur untuk terus melakukan kebiasaan tersebut.

~konsistensi dan kebiasaan gagal ketika berhenti mencoba.~


PERANG HARGA BISA BIKIN BISNIS MATI

https://youtu.be/r2lph4jcjzy

Insight by adis :

  1. Perang harga bisa terjadi ketika ada perusahaan yang ingin melakukan penetrasi pasar/ ingin menguasai market sehingga perusahaan tersebut berani mengorbankan harga mereka hanya untuk mendapatkam customer.
  2. Overstock juga menjadi alasan beberapa para pelaku bisnis untuk menghadapi perang harga karena perusahaan yang memiliki banyak stok mereka pada akhirnya membanting harga untuk menarik customer sekaligus uang cash-nya kembali sehingga para kompetiter yang lainnya juga akan ikut turun harga
  3. Salah satu strategi menghadapi perang harga yaitu mempertahankan harga supaya customer tahu bahwa kualitas barang yang dijual berbeda, dengan alasan lain yaitu mengharapkan para kompetiter/para pesaing merubah pikiran mereka jika dengan menurunkan harga omsetnya akan naik tetapi tidak, sehingga kompetiter mengembalikan ke harga normal.

SEMUA ORANG EGOIS KECUALI KAMU

https://youtu.be/j3cmaibdml0

Insight by ani :

  1. Jika smua orng objektif dlm menilai diri sendiri maka itu tidak akan melenceng terlalu jauh dari realita. Tdk ingin mengerjakan sesuatu yg mnurutnya tdak perlu bkn krna tdak mampu tp krna otak yg secepat mungkin menyikirkan , kemampuan” yg tdak pnting bkan krna tdk pnting tp otak yg tdak bisa mengatasi rasa tdk nyaman pd bidang tdk kamu ketahui dan akan banyk skill” yg otomatis akan di rendahkan oleh egomu krna merasa tdk jago dlm hal tersebut. Ego dan manusia terlahir bersamaan dan sebagian orang egonya akan bertumbuh lebih cpat dri pd dirinya sndiri
  2. Semakin tinggi ego seseorang maka dia lebih butuh banyk asupan ego seperti pujian, apresiasi, validasi org lain,dan di hargai orang lain. Dan akan terbiasa mencari validasi dri orng lain dan tdk segan melakukan hal yang tdk etis dan tdak bermoral  demi mendapat asupan ego
  3. Ego membuat lingkar pertemanan yg sulit dan tdak sehat membuat kita selalu merasa berkompetisi dgan teman, ingin terlihat lebih baik, terdengar lebih baik. Ego sangat dkt dgn manusia dlm relationship pertemanan
  4. Org yg punya intelektual yg tinggi maka egonya akan semakin tinggi, biasa akan sllu memamerkan kecerdesannya di lingkungannya, ingin sllu membahas kempuannya dlm lingkungan apappun. Bagi org pintar ego membuat dia terbatas pd pngetahuan yg dia tahu ” kamu tdk bs belajar ssuatu yg baru kalau kamu hanya melihat ke dalam”
  5. Org bodoh memandang orng pintr hanya sebagai orng yg hanya paham teori, bagi mereka merekalah yg tahu kehidupan ssungguhnya merekalah yang mengatasnamakan street-smart mereka menggap dirinya tdk pintar tp jago menghadapi khidupan orng lain. Dan lucunya ” semakin bodoh seseorang smakin tinggi egonya, hanya tahu sdikit tpi merasa tahu segalanya “
  6. Ego dlm diri sendiri mrasa kita pling benar dri sgala ssuatu yg benar, menghambat perkmbangan krna kita merasa sdah tahu segalanya, smakin tinggi sseorang makanya egonya akan jauh lebih tinggi melampaui diri orang itu sendiri

WORLD CLASS MANAGER EP 03

https://www.youtube.com/watch?v=pfqnzbdg_hs&list=plmevnf9iy4b9idd1kvdt8vosmgh3boet8&index=3&ab_channel=niagatv

Insight by abu :

  1. Banyak sekali pengusaha ketika mempromosikan manager menganggap itu penghargaan terhadap ybs namun, setelah itu lupa untuk turut mengembangkan ybs dan menyerahkan kompetensi management tersebut kepada manager ybs.
  2. Lebih 50% perusahaan gulung tikar sebelum 1 tahun, penyebabnya bukan karena mereka tidak mengerti bisnisnya, bukan karena kurang bekerja keras. Tapi karena kurangnya manajerial skill.
  3. Kesalahan banyak perusahaan tidak memiliki career development plan buat karyawannya. Idealnya perusahaan yang ingin bertumbuh mempunyai budget development, training demi perusahaan itu sendiri.
  4. Ada 3 key success factor untuk menjadi world class manager. Ksa (knowledge, skill, attitude)
    1. Knowledge/pengetahuan adalah pemahaman atas sesuatu bersifat teori. Baru sekedar tahu/paham. Caranya dengan belajar
    2. Skill/keterampilan adalah pengaplikasikan pengetahuan atas metode atau teknik spesifik tertentu yang kita kuasai. Caranya dengan berlatih
    3. Attitude/sikap adalah cara seseorang untuk menempatkan diri. 85% kesuksesan ditentukan oleh berasal attitude, bukan dari keterampilan dan pengetahuan. Caranya dengan menaikkan emotional question (eq).
  5. Bicara tentang attitude, berbicara eq (kecerdasan emosi). Seberapa bisa mengontrol emosi, menunjukkan matang attitude. Kita tidak bisa mengontrol setiap kejadian di kehidupan kita 100%, tapi kita bisa mengatur reaksi kita atas kejadian.

CAPTION DAN COPYWRITING

https://youtu.be/3px6yf8frzg

Insight by bukrah :

Copy writing by rina finanti, sab

  1. Copy writing = iklan
    1. Merupakan suatu keahlian dalam membuat tulisan/naskah agar bisa membuat orang-orang tertarik dengan produk yang kita tawarkan.
  2. Temperatur market
    1. Cold market : orang yg belum pernah tahu atau tidak pernah tahu tentang produk apa yang kami tawarkan dipasaran/customer belum mengenal produk. Caranya agar customer tahu kita lebih memperkenalkan produk melalui konten2 berisikan iklan.
    2. Wark market : orang yang mulai tahu dengan produk apa yang kami tawarkan dipasaran. “menuliskan perbedanaan&persamaan barang”
    3. Hot market : orang yang pernah membeli produk kita dipasaran sehinggah mereka banyak mengetahui tentang produk yg dipasarkan. “konten bersifat promosi”
  3. Fungsi copy writing : agar orang lain dapat membeli produk yang kita jual dipasaran.
  4. Teknik copy writing
    1. Hard selling : hadiah, bonus, cashback, voucher, gratis.
    2. Soft selling : story telling, tips n trick, edukasi, informasi, testimoni
  5. Copy writing & caption
    1. Informasi produk terbaru
    2. Tipe-tipe produk
    3. Testimoni
    4. Kelebihan produk

PROBLEM SOLVING WITH IDEAL

https://youtu.be/9euogzp3zwi

Insight by adi :

  1. Problem adalah perbedanaan anatara apa yang di amati dengan apa yang di harapkan atau antara apa yang di dapat tidak sesuai yang di inginkan
  2. Cara menyelesaikan masalah, indentifikasi masalahnya, lalu define cari tau akar permasalahnya, selanjutnya explore buat langkah apa yang harus anda lakukan pro or kontra, terus act now pilih solusi terbaik.
  3. Lihat lah sejauh mana cara kita berfikir menyelesaikan masalah dengan hasil pemikiran dan solusi yang kita ambil, look back and learn, esplore lagi action lagi, karena berawal dari masalah kita bisa tau semua hal.

IKUTI CARA INI AGAR KAMU CEPAT CLOSING

https://youtu.be/q641h9l_v74

Insight by ridwan :

  1. Mengubah mindset costumer dari yang bilang mahal menjadi murah dengan cara memberikan penjelasan terhadap produk kita dengan menonjolkan keunggulan, misal kalau bordir, “di tempat sya bisa lebih cepat pengerjaannya,” sehingga costumer merasa workted dengan harga yang kita berikan.
  2. Bangun trust(hubungan) baik terlebih dahulu. Tidak langsung ingin cepat” klosing.
  3. Edukasi costumer terhadap keperluannya lalu tawarkan solusinya.
  4. Follow up

MENGENALI BATASAN UNTUK SELF DISCOVERY

https://youtu.be/phvvqpmthc4

Insight by putri :

Cara tau batasan diri:

  1. Remember that you are unique . Mendalami minat jangan terbatas pada perkataan orng ” tekuni 1 atau 2 hal-hal, jika memiliki minat yg lebih maka tekuni hal tersebut karena setiap orang memiliki minat dan kemampuan yang berbeda-beda.
  2. Connect the dots . Dri minat yg ditekuni tersebut akan terhubung satu sama lain  dan mendapatkan hasil yg baik. Contoh, minat pada menulis, video editing, dan musik. Dri minat ini akan terconnect dengan kegiatan yang berguna.
  3. What makes a person successful??
    1. Creativity & grit (perseverance & passion). Memiliki kreatifitas dan perseverance yang tinggi. Seseorang yg memiliki perseverance yg tinggi namun tidak memiliki kreatifitas tdk akan berjalan dengan baik.
    2. Passion is irrelevant . Passion terkadang membatasi diri dalam mengeksplor hal baru. Tidak masalah memiliki passion yg berubah-ubah bisa jadi itu hal yang baik.

7 LEVEL ARGUMEN DALAM KETIDAK-SETUJUAN MENURUT PAUL GRAHAM

https://youtu.be/ldzsotw_b5g

Insight by sahar

  1. Level argumen terendah (namecalling) yg tdk setuju dgn org lain bukannya membentuk argumen/ bantahan dan menyebut lawannya dgn sebutan negatif untk mnjatuhkan mental lawannya
    1. Adhominem membuat bantahan dgn mendelitigimasi personal argumen dgn menyerang masa lalu ssorang/tabiat lawan
    2. Responding to tone mempengaruhi intonasi/suara/nada suara
    3. Contradiction menyampaikan argumen dgn kontradiksi tanpa menyediakan bukti biasanya karna cara kerja otak yg blum berevolusi
    4. Counterargument perdebatan yg tdk ada ujungnya krna hanya fokus dgn argumen lawan dn tdak pd poin permsalahnnya
    5. Refutation menemukan kesalahan pd argumen lawan
  2. Cara berargumen dgn baik untuk membuktikan otak kita sdh berevolusi sempurna adalah dgn cara refuting the central point, membantah point utama dri argument lawan, karna hanya untuk tdak stuju kita hris punya basic knowledge agar tdak trlihat bodoh saat ikut berargument
  3. Jika ingin peradaban lebih baik dan kehidupan yg lebih baik, belajarlah untuk berfikir lebih baik belajar jdi pembicara dan pendengar yg baik dan mendasari segala ssuatu dengan konteks. Dan pling pnting jngan menjadi org bodoh, krna kebodohan adalh ssuatu yg bs jd pembunuh, dan ssuatu yg seringkali lolos dari tanggung jawab

WORLD CLASS MANAGER EP 07

https://youtu.be/ymhiclrttsy

Insight by ridwan:

  1. Perencanaan adalah tentang bagaimana cara mencapai tujuan dan apa yg di butuhkan.
  2. Perencanaan di buat dengan cara yg paling efektif
  3. Manfaat perencanaan
    1. Membantu mencari alternatif pilihan yg efektif dari sekian banyak pilihan
    2. Kumpulan pengambilan keputusan dari berbagai situasi
    3. Meminimalkan keselahan
    4. Agar setiap kegiatan terarah dan punya tujuan yg jelas
    5. Menuntun menuju sasaran
    6. Menghilangkan tindakan sia-sia
    7. Mengoptimalkan sumber daya yg ada
  4. Cara membuat perencanaan
    1. Memprediksi/prakiraan keadaan
    2. Menetapkan sasaran antara
    3. Menyusun strategi
    4. Mengatur penugasan
    5. Penjadwalan
    6. Membuat anggaran/budgeting sumber daya
    7. Membuat kebijakan

BAGAIMANA PERITEL MENYIKAPI ANCAMAN RESESI

https://youtu.be/iy3u5myfxzc

Insight by adis :

  1. Resesi merupakan periode penurunan ekonomi sementara di mana aktivitas perdagangan dan industri berkurang umumnya ditandai dengan penurunan pendapatan domestik bruto dalam dua kuartal berturut-turut
  2. Cara menyikapi jika terjadi resesi
    1. Kendalikan hutang atau mengurangi hutang
    2. Good cash flow yang lancar
    3. Strong balance (neraca keuangan)
  3. Good cash flow akan lancar atau berputar cepat jika kita membeli barang dengan 5 benar (benar memilih barang, benar memilih waktu,  benar penempatan barang,  benar perhitungan jumlah barang yang dbeli,  benar penempatan harga)
  4. Good cash flow tidak akan lancar jika komposisi inventory tdk dilakukan dengan benar.
  5. Komposisi inventory ideal
    1. Fast moving (70%)
    2. Slow moving (20%)
    3. Barang baru (5-8%)
    4. Barang mati /dead stock (< 3%)
  6. Strategi dalam menghadapi resesi
    1. Harus siap–> competen
    2. Good plan
    3. Good strategi

BUYER PERSONA

https://youtu.be/mpuprgsc_cy

Insight by bukrah :

  1. Suatu bayangan tentang siapa yg menjadi konsumen produk anda, sebagai pemilik produk yang paling mengerti detail produk anda sendiri adalah orang yg paling mungkin untuk membayangkan siapa konsumen yg paling tepat untuk produk anda tsb.
  2. Tujuan :
    1. Mengidentifikasi : agar lebih mudah untuk mengidentifikasi kebutuhan/keinginan konsuken terhadap produk yg ditawarkan dipasaran.
    2. Memahami target : bagaimana cara konsumen anda untuk mengambil keputusan sehingga anda dapat menentukan target pasar dan penjualan ada dapat berjalan lebih baik.
    3. Efektif dan efisien : agar lebih mudah untuk menentukan strategi pemasaran yg tepat.
  3. Membuat buyer persona :
  4. Lakukan riset : cari atau kumpul informasi2 yg lengkap mengenai pasar anda, mulai dari usia, tmpt tinggal, pendapatan, perilaku saat belanja dll.
  5. Masalah pelanggan : hambatan yg mereka hadapi saat mencapai tujuannya.
  6. Identifikasi tujuan : berperan penting untuk setidaknya anda bisa melakukan strategi pendekatan yg lebih mumpuni disaat menjalani strategi marketing.
  7. Bisnis dapat membantu : lebih memperhatikan kebutuhan pelanggan agar mempersiapkan produk yg lain untuk ditawarkan dipasaran sehingga kebutuhan pelanggan dapat terpenuhi.
  8. Kategorikan setiap persona : competitive persona, spontaneous persona, methodical persona, humanistic persona

WORLD CLASS MANAGER EP 04

https://www.youtube.com/watch?v=g4kphrzg3kc&list=plmevnf9iy4b9idd1kvdt8vosmgh3boet8&index=5&ab_channel=niagatv

Insight by abu :

  1. Tugas utama entrepreneur adalah membangun bisnis dan tugas utama manager adalah mengelola bisnis. Mendirikan jauh lebih mudah dibandingkan mengelola.
  2. Tugas utama manager adalah berusaha untuk merealisasikan semua goal yang telah ditetapkan. Apa yang sudah ditetapkan, itu yang dicapai. Mencari tahu how to nya.
  3. Manager yang berhasil selalu melakukan 4 hal. Pertama, membuat perencanaan. Tetapkan apa yang ingin diraih. Yang kedua adalah organizing, mengelola banyak sumber daya seperti orang, mesin, anggaran dll. Menempatkan the right man in the right place. Yang ketiga adalah leading/actuating, memimpin apa yang sudah direncanakan, kita harus memimpin agar apa yang direncanakan bisa direalisasikan. Keempat controlling, mengontrol apa yang di rencanakan sesuai dengan plan yang ditetapkan.
  4. Banyak orang bertindak seperti pemadam kebakaran. Baru sibuk ketika kejadian sedang berlangsung. Rencana dibuat diawal sebelum proses berlangsung.
  5. Hal yang pertama dilakukan ketika menjadi manager adalah membuat perencanaan strategic plan dan tactical plan. Strategic plan adalah strategi secara garis besar tahapan-tahapan untuk mewujudkan visi dan tactical plan adalah action plan bagaimana melakukan tahapan-tahapan untuk mewujudkan visi.

TIPS MERENCAKAN HIDUP

https://youtu.be/-z2gixkod2s

Insight by adi :

  1. Jangan terlalu nyaman di posisi ternyaman
  2. Paling tidak kita punya tujuan hidup
  3. Perpose adalah tujuan psikolgis manusia untuk melakukan sesuatu yang bermakna untuk orang lain,
  4. Ada dua type manusia tidak bisa menemukan potensi hidupnya, yang pertama adalah ketidak yakinan dan yang ke dua tidak mau memulai. Tujuan hidup kita tidak akan terwujud kalau kita tidak pernah berusaha dan usaha itu tidak akan pernah berhasil kalau kita tidak memulai.
  5. Star lewat misteri tetap fokus terhadap tujuan hargai proses yang di jalani, tidak punya tujuan hidup?, tidak senang dengan kerjaan sekarang?, tidak punya kontril terhadap karir? Kuncinya satu yaitu belajar mungkin ini adalah cara terkuno dan terlamban, namun pelan dengan podasi yang kuat akan jauh lebih baik.

BUKU :  BICARA ITU ADA SENINYA

Insight by sahar:

  1. Ketika kita ingin mencapai sesuatu lebih dari orang lain, kita harus berlari lebih cepat dari mereka atau tetap berjalan saat mereka berhenti
  2. 4 aturan komunikasi
  3. Memonopoli pembicaraan akan memperbanyak musuh, sedikit bicara dan lebih banyak mendengar itu lebih baik
  4. Jangan terlalu menggebu-gebu. Suara yang rendah justru memiliki daya
  5. Fikirkan sebelum berbicara karena mungkin saja akan mengubah kehidupan seseorang
  6. Berkata menyenangkan hati, bukan hanya sekedar enak di dengar
  7. Semua orang memiliki titik yang sama dalam berbicara. Ada yang maju lebih dulu dan ada yang tertinggal. Namun, jangan lupa bahwa urutan bisa berubah dengan usaha dan membuang kebiasaan buruk
LEARNING GROUP KHAIRUNNISA SERAGAM SEKOLAH BATCH 1

Navigasi pos


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *