Objective Key Result (OKR)

Saya akan membagikan sedikit yang saya pelajari baru-baru ini.

OBJECTIVE AND KEY RESULT

Objective Key Result ini merupakan tools untuk mencapai Goals atau Tujuan Anda.

Disingkat OKR ini terbagi atas dua bagian yaitu, Objective dan Key Result.

Objective berarti Tujuan atau dalam bahasa saya Tujuan Besar.

Sedangkan Key Result berarti hasil kunci yang dalam bahasa saya adalah hasil yang harus dicapai agar Tujuan Besar dapat kita katakan tercapai atau singkatnya Indikator Keberhasilan untuk mencapai Tujuan Besar.

Key Result inilah yang harus kita capai mati-matian agar tujuan besar kita juga dapat terwujud.

Kalimat Objective biasa nya bersifat kualitatif yang menginspirasi.

Di Key Result barulah harus menggunakan kalimat yang specific atau memakai kaidah SMART (Spesific, Measurable, Achievable, Relevant, Time Bound).

Nah, untuk mencapai Key Result ini kita harus menggunakan strategi.

INITIATIVE

Jika diibarat kan Key Result adalah Kondisi Ideal yang ingin kita capai sedangkan kondisi hari ini belum mencapai kondisi ideal hari ini. Maka tugas kita adalah mencarikan cara atau tindakan apa saja yang bisa kita lakukan agar kondisi hari ini bisa berubah menjadi kondisi ideal.

Sumber: dokumentasi pribadi

Seperti gambar diatas ada dua jurang terpisah antara kondisi ideal dan kondisi hari ini. Ditengah-tengahnya adalah strategi apa yang bisa menjembatani agar kondisi hari ini berubah menjadi kondisi ideal.

Dalam konsep OKR, strategi inilah yang dikatakan sebagai Initiative, atau Tindakan apa yang kita akan lakukan agar dapat mencapai Key Result.

Objective sudah

Key Result sudah

Initiative sudah

Maka jadi sudah Tabel OKR kita seperti dibawah ini.

Contoh Objective Key Result Initiative
Sumber: dokumentasi pribadi

Namun perlu kita ketahui setiap poin dari Key Result yang telah kita tuliskan haruslah jelas kapan ingin dicapai. Begitu pula dengan initiative. Harapannya jika kita ingin mengetahui progressnya sampai mana pencapaian key result kita perlu melihat sudah sampai mana initiative telah dikerjakan.

Setiap initiative perlu ditentukan siapa yang bertanggungjawab atau PIC (Person in Charge) agar progressnya dapat terpantau sempurna. PIC disini tidak melulu yang membuat OKR yang mengerjakan semuanya. Bisa saja PIC dari salah satu initiative dikerjakan oleh divisi yang berkompeten.

Jadi hasil tabelnya dapat menjadi seperti berikut :

Contoh OKR sederhana lengkap
Sumber: dokumentasi pribadi

EVALUASI

Tugas bagi para manajemen atau atasan adalah memantau setiap minggu, bulanan atau tiap quartal tahun sampai mana progress yang telah dikerjakan.

Evaluasi dan monitoring membantu para manajemen agar setiap tujuan atau key result berjalan sesuai dengan progress yang telah di rencanakan.

Perlu dipahami Key Result disini sifatnya tetap dan tidak diubah-ubah. Jika initiative telah dilakukan seluruhnya namun ternyata Key Result tidak terwujud maka yang diubah adalah initiative nya atau strategi nya.

Jadi ujungnya tidak diubah. Namun, cara nya yang perlu kita ubah.

Key Result ini tidak diharapkan sepenuhnya untuk dicapai 100% karena Key Result harus menantang harus menantang. Karena pada dasarnya OKR ini dibuat agar kita bisa di-stretch atau berkembang.

Jadi key result harus ditetapkan jangan terlalu mudah diraih agar kita bisa terdorong untuk mencapai hal lebih namun juga, jangan terlalu tinggi agar kita tidak termotivasi. Harapannya meskipun key result tercapai 90% saja tetapi, itu sudah lebih tinggi daripada yang dicapai sebelumnya.

BACA JUGA : LEADERSHIP VS FOLLOWESHIP

KESIMPULAN :

OKR ini adalah salah satu tools atau alat agar kita dapat mencapai tujuan goals kita. Jadi bisa kita pakai dan tidak sesuai dengan kebutuhan kita. Penentuan Objective harusnya menginspirasi dan kualitatif dan di Key Result-lah harus kuantitatif. Kemudian dibuatkan rencana tindakan strategi yang dinamakan initiative untuk mencapai key result. Initiative dilakukan dan diharapkan dapat mencapai key result. Namun jika tidak tercapai, maka jangan key result nya yang diubah, tetapi yang diubah adalah strateginya atau initiativenya.

A3 15.03.2022

Objective Key Result (OKR) Untuk Mencapai Tujuan

Navigasi pos


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *