SELF AWARENESS (KESADARAN DIRI)

“You can’t manage what you can’t measure”

Materi kali ini lahir dari inspirasi quotes di atas. Anda tidak bisa mengubah apa yang tidak bisa kita ukur. Artinya kita tidak bisa melakukan peningkatan jika kita tidak tahu dasarnya.

Lalu saya kontekskanlah dengan perubahan diri, sehingga muncullah quotes seperti dibawah ini.

“Kita tidak bisa mengubah diri yang kita sendiri tidak sadari”

Yakin saja, kita pasti tidak bisa mengubah apa yang kita tidak ketahui. Analoginya seperti, kita tidak bakal menyingkirkan bau badan kita, jika kita tidak menyadari memiliki bau badan. Terdengar tidak enak memang, tapi begitulah adanya.

JOHARI WINDOW

Sebelum kita meningkatkan ataupun mengubah diri kita, terlebih dahulu kita aware atau menyadari diri kita seperti apa ?

Salah satu yang bisa kita gunakan untuk menyadari diri kita bagaimana dengan meminta feed back dari orang lain menggunakan Johari Window.

Johari Window terdiri dari 4 matriks. Potongan antar yang kita sendiri tahu dan orang lain tahu tentang diri kita.

Terdapat 4 Area Potongan Matriks.

Pertama, Area Terbuka (Open Area). Area yang kita tahu kita miliki dan orang lain tahu. Artinya, semakin banyak terisi daerah ini menandakan self-awareness kita bagus. Karena kita sadar bahwa orang lain menilai kita demikian dan kita tahu akan hal itu.

Kedua, Area Buta (Blind Area). Hal yang menarik ada di area buta. Karena orang lain menilai kita demikian namun, kita tidak sadar bahwa kita demikian. Jika hal itu merupakan hal yang baik, misalnya orang lain menganggap kita pandai public speaking, namun kita tidak sadar. Jadikan hal tersebut menjadi booster atau penyemangat bagi kita untuk mencoba mengeluarkan lebih lagi mengenai kemampuan public speaking. Karena simple saja, orang lain yang menganggap kita begitu, lho.

Ketiga, Area Tersembunyi (Hide Area). Area yang orang lain tidak tahu bahwa diri kita demikian. Daerah ini adalah area self claim. Jika itu hal yang baik dari kita tapi orang lain tidak mengetahuinya, artinya ini adalah self claim (mengakui diri sendiri). Seperti, saya jago dalam mengedit sebuah foto, namun pendapat orang tidak ada mengatakan demikian. Artinya, orang lain tidak menggangap itu sebuah kemampuan. Jadikan hal tersebut sebagai motivasi agar kemampuan tersebut lebih di kembangkan lagi.

Keempat, Area Misterius (Mysterious Area). Area yang kita tidak tahu dan orang lain pun tidak tahu. Ini merupakan area yang kosong. Karena tidak ada yang tahu area ini. Butuh eksplor diri agar kita bisa mengetahuinya kedepan.

Johari Window Games

Games ini bertujuan untuk mengenali diri kita melalui perspektif orang lain.

Cara memakai games ini :

  1. Setiap orang menulis tentang dirinya sendiri seperti apa ? Mulai dari sifat, kemampuan, kelebihan maupun kekurangannya.
  2. Setiap teman yang mengenal Anda, menuliskan tentang bagaimana diri Anda ? Mulai dari sifat, kemampuan, kelebihan maupun kekurangannya.
  3. Setiap orang menuliskan dalam sticky notes.
  4. Setelah menuliskan, orang-orang memasukkan sticky notes penilaian ke dalam amplop orang yang dinilai.
  5. Kemudian, amplop dibagikan kepada orang yang bersangkutan.
  6. Hasil dari sticky notes penilaian orang di tempelkan kedalam matriks area terbuka atau area buta. Jika kita sadar akan hal itu, maka itu area terbuka dan jika kita tidak sadar akan tersebut maka itu adalah area buta.
  7. Hasil penilaian diri sendiri, jika orang lain tidak menganggap diri kita demikian, maka hal tersebut masuk ke daerah tersembunyi, karena orang lain tidak menganggap kita demikian.

Dalam memainkan games ini, tidak ada pendapat orang lain tentang kita itu salah. Karena orang lain yang menganggap diri Anda demikian. Jangan baper dalam permainan ini, karena ini merupakan sebuah langkah untuk kita mengetahui diri kita dari perspektif orang lain.

Semakin, banyak area terbuka, berarti semakin baik. Karena kita sudah menyadari apa yang kita ketahui dan orang lain ketahui tentang diri kita, tinggal bagaimana kita harus meningkatkan ataupun mengubah hal yang kita miliki.

Untuk area buta, sebagaiknya kita instropeksi diri. Bisa jadi yang dikatakan teman Anda benar. Mengubah itu ataupun tidak adalah keputusan kita sendiri.

Untuk area tersembunyi, keputusan tetap berada di tangan Anda. Jangan sampai yang kita anggap baik dari kita hanyalah sebatas diri kita saja yang klaim. Jika memang baik, sebaiknya perlu untuk kita tunjukkan lebih lagi.

Terakhir sebagai penutup, tanda dari sebuah kesadaran adalah perubahan.

A3 – 02.01.2022

SELF AWARENESS (KESADARAN DIRI) JOHARI WINDOW

Navigasi pos


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *